Launching Blog eLearning SangGuruGaul.Com

PENDIDIKAN: KUNCI KEBANGKITAN

Kita tentu ingat dengan peristiwa jatuhnya bom Hirosima-Nagaski di Jepang tahun 1945. Ketika negara sudah hancur luluh lantak, apa yang ditanyakan kaisar waktu itu? “Sensei wa nannin irun deshou ka?”, artinya “Berapa banyak guru yang tersisa?”

Menakjubkan ternyata yang ditanyakan kaisar bukan berapa juta yen yang tersisa. Dengan guru-guru yang tersisa Jepang mendidik bangsanya. Sekolah tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga mengajarkan nilai spiritual, akhlak, dan etos belajar. Akhirnya Jepang menjadi negara maju yang disegani bahkan oleh Amerika yang dulu menghanjurkannya.

Sebenarnya kita pun bisa melakukannya hal yang sama. Perjuangan Pak harfan – Bu Mus di Novel Laskar pelangi dan Para guru – guru PM di Novel Negeri Lima Menara, adalah sedikit contoh tentang semangat mendidik anak bangsa tanpa rasa pamrih meski keadaan yang memperhatinkan.

Hadirnya blog SangGuruGaul.Com ini semoga membantu para pendidik meningkatkan kualitas pengajaran sehingga apa pun kondisi murid kita, mereka bisa belajar dengan optimal.

LATAR BELAKANG PENDIRIAN

Latar belakang pendirian SangGuruGaul.Com adalah bahwa di Indonesia masih jarang layanan publik yang memuat literatur dan materi di bidang pendidikan yang sifatnya bebas dan gratis. Beberapa yang muncul ternyata tidak profesional, cenderung asal-asalan dan contentnya tidak komprehensif untuk memandu para pebelajar dalam belajar ilmu pendidikan dan teknologi informasi.

Padahal dengan situasi Indonesia saat ini, situs eLearning tempat kita bisa berbagai materi dengan bebas dan gratis sudah ditunggu-tunggu semua kalangan. Biaya pendidikan sangat tinggi, baik pendidikan formal D3/S1/S2/S3, begitu juga dengan training dan kursus. Beberapa universitas yang menerapkan otonomi dan jalur khusus dalam penjaringan mahasiswa juga semakin membuat pendidikan hanya dimonopoli oleh orang kaya.

Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang kebetulan mendapat rejeki dan kesempatan belajar di pendidikan lebih tinggi untuk menshare ilmu pengetahuan yang kita miliki kepada orang lain yang memerlukan.

SEKILAS TENTANG SANGGURUGAUL.COM

SangGuruGaul.Com adalah blog eLearning yang membagi literatur dan materi secara bebas dan gratis di bidang pendidikan (education) dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Misi utama kami adalah mengambil bagian dalam usaha mencerdaskan anak bangsa dengan mengembangkan kemampuan human resource (guru). Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format software maupun PDF yang bebas untuk didownload.

SangGuruGaul.Com mengajak para masyarakat peduli pendidikan (parktisi pendidikan, guru, mahasiswa, dan orang tua) Indonesia di manapun berada, untuk membagi (share) pengetahuan melalui media ini. Diskusi berbagai topik di bidang pendidikan dapat dilakukan melalui Group SangGuruGaul.Com via Facebook. Pendiri dan koordinator umum SangGuruGaul.Com adalah Taufik Hendratmoko. Inisiatif ini sudah dikerjakan secara serius sejak awal tahun 2011. Tepat pada tanggal 20 Juli 2011, kami merelease situs SangGuruGaul.Com.

HARAPAN

Harapan kami bahwa SangGuruGaul.Com bisa menjadi alternatif pendidikan non-formal gratis dalam bidang ilmu pendidikan di Indonesia, memberikan perbaikan kualitas pembelajaran, dan memotivasi para pendidik untuk terus mengakutalisasi diri akan perubahan zaman sehingga menjadi Guru Gaul yang mencerahkan masa depan masa depan anak didiknya. (elvigto)

Tentang elvigto

Learner, writer dan technopreneur. Founder SangGuruGaul. Menyelesaikan studi S1 bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pegiat kajian islamic thought and civilizations, curriculum studies, multimedia learning studies dan kepemudaan.
Pos ini dipublikasikan di Activities, Blog dan Web dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Launching Blog eLearning SangGuruGaul.Com

  1. dida berkata:

    wah… keren nih… lanjutkan🙂

  2. persamaankuadrat berkata:

    dahsyat …. mudahmudahan dengan adanya sangguru gaul ini pendidikan jadi tambah maju dan berakibat Indonesia makin sukses ….

    agenda électronique gratuit

  3. busra berkata:

    mantap kali nih artikelnya, semoga makin memicu dalam usaha pencerahaan dan kemajuan dunia pendidikan

  4. nyach berkata:

    bagus ku dukung, Pak Guru

  5. omjiks berkata:

    kadang kita tidak bisa memanfaatkan para guru2 yang berkualitas ini. untuk memajukan generasi2 penerus.

    Pintu dan Jendela

  6. Maxgrosir berkata:

    sangat mendukung sekali gan, semoga dengan adanya media tersebut bisa menhadi fasilitator untuk sebua dalam mempelajari berbagai macam hal,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s