Mengenal Hosting dan Domain

“Kok bisa ya sebuah website atau weblog dapat diakses banyak orang berbagai penjuru dunia?” “Mengapa nama website atau weblog mereka juga berbeda-beda?”

Mengenal Web Hosting

Gambar 1: Ilustrasi Hosting

Agar website atau weblog bisa diakses di internet. Kita harus meletakan file-file website atau weblog ke dalam komputer web server yang terkoneksi ke dalam internet. Layanan inilah yang dikenal dengan web hosting.

Web Hosting di Indonesia

Saat ini sudah banyak perusahaan web hosting di Indonesia yang bisa kita gunakan. Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari seperti Google. Jika terlalu banyak pilihan, Anda bisa memilih kata kunci seperti hosting murah, indonesia, dll.

Memilih Paket Hosting

Setelah memilih jasa sebuah web hosting yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah memilih paket web hosting yang ditawarkan. Pastikan paket yang kita ambil sesuai kebutuhan. Jadi, jangan terlalu mahal, namun fasilitas yang ditawarkan tidak dipakai, juga jangan terlalu murah yang membuat website atau weblog kita memiliki banyak batasan (fasilitas).

Nama Domain

Biasanya, layanan web hosting juga memberikan fasilitas pembelian nama domain. Nama domain berguna untuk memudahkan pengguna internet mengingat alamat web. Karena sebenarnya untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa angka panjang seperti 222.124.226.13, Jadi, kalau kita memiliki website yang berada di server komputer tersebut, nomor IP itulah yang seharusnya kita ketikkan di browser kalau ingin membukanya. Nah, pusing kan?

Gambar 2: Ilustrasi domain

Level Domain

Top Level Domain (TLD) adalah deretan kata di belakang nama domain seperti: .com(dotcommercial), .net(dotnetwork), .org(dot.organization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), .mil(dotmilitary), .info(dotinfo), dll. Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level (ccTLD). gTLD adalah seperti yang disebutkan diatas dan ccTLD adalah TLDyang diperuntukkan masing-masing Negara, seperti di Indonesia “.id” (.co.id, or.id, dsb) atau Jepang dengan kode “.jp” (co.jp, net.jp, dsb).

Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang kita daftarkan atau yang ada di sebelah kiri TLD. Misalnya nama domain yang kita daftarkan adalah namadomain.com, maka “namadomain” itu disebut SLD, sedangkan “.com” adalah TLD.

Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain (SLD). Misalnya nama domain yang Anda miliki namadomain.com, maka Anda dapat menambahkan nama lain sebelum “namadomain”, semisal blog.namadomain.com.

Domain di Indonesia

Negara Indonesia memiliki nama domain yaitu “.id” yang sekarang dikelola langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk komunitas teknologi informasi di Indonesia. Domain-domain Indonesia meliputi .ac.id, sch.id, web.id, or.id, co.id, .net.id, .go.id, dan mil.id. Domain tersebut mempunyai karakeristik dan fungsi yang berbeda.

  • ac.id – digunakan untuk website perguruan tinggi, institut, akademi dan sejenisnya (lembaga pendidikan tinggi).
  • sch.id – digunakan  untuk website sekolah
  • web.id – digunakan untuk website pribadi atau komunitas (umum).
  • or.id – digunakan untuk website organisasi.
  • co.id – digunakan untuk website komersial, perusahaan dan sejenisnya.
  • net.id – digunakan untuk website penyedia jasa internet atau telekomunikasi.
  • go.id – digunakan untuk website institusi pemerintah dan sejenisnya.
  • mil.id – digunakan  untuk website instansi militer.

Tips Memilih Nama Domain

  • Nama domain bersifat unik. Jika nama domain sudah dipakai, maka kita tidak bisa menggunakannya. Sebelum memilih nama, kita bisa melakukan pengecekan apakah nama domain tersebut masih tersedia atau sudah digunakan. Layanan web hosting yang baik pasti sudah memberikan fasilitas untuk pengecekan nama domain.
  • Gunakan nama yang mudah diingat, berkarakter, dan mencerminkan website atau weblog yang akan kita buat. Sebisa mungkin gunakan huruf saja dan hindari angka ataupun karakter.
  • Gunakan nama domain yang tidak terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek. Anda bisa juga menggunakan singkatan, namun sebaiknya berarti dan mudah diingat.
  • Belilah nama domain yang mewakili nama perusahaan, nama produk, nama Anda, atau tema website.

Setelah Anda mengenal hosting dan domain, tidak ada salahnya segera membuat website atau weblog. Berbagai manfaat bisa diperoleh melalui media ini. Om jay, salah satu orang yang sukses dengan weblognya. Beliau adalah seorang guru, tetapi dengan sering menulis di weblognya tentang pangetahuan dan pengalamannya menjadi guru, membuat dia mendapat berbagai tawaran menjadi narasumber atau pembicara dalam ilmu pendidikan. Bagaimana dengan Anda? Mau? Dengan semakin sering menulis atau sharing ilmu di website atau weblog, maka Anda sudah menjalankan internet sehat, karena melakukan hal posifif di dunia maya. Mau jadi orang hebat? Gunakan internet sehat melalui website atau weblog Anda. (elvigto)

 

Nah, untuk menambah pengetahuan Anda tentang pengertian hosting dan domain, silahkan simak video lucu antara Cak Beon dan Pakde Top berikut:

Tentang elvigto

Learner, writer dan technopreneur. Founder SangGuruGaul. Menyelesaikan studi S1 bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pegiat kajian islamic thought and civilizations, curriculum studies, multimedia learning studies dan kepemudaan.
Pos ini dipublikasikan di Blog dan Web dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Mengenal Hosting dan Domain

  1. Anton Rumanto berkata:

    wah ni posting keren bgt pas ma tanda tnya bsarku ttg msalah domain ma hosting, mggu dpn saya mau beli 3 domain ma hosting mas, mhon doanya moga2 dbrikan kelancaran. oia Web Hosting trpercaya alamatnya apa ya mas??? jagoan.com itu ya??? rncananya saya mau beli domain ma hosting di webmaster.net mhon infonya ya???

  2. dHaNy berkata:

    Hosting saya sering bermasalah mas, jadi pengen migrasi aja. Mungkin mas Alvigto punya rekomen hosting yang bagus

  3. arisriyadi berkata:

    thanks your info nice…………..

  4. ajurNA berkata:

    pass mantab……

  5. kurnianza berkata:

    wah postingan nya bagus kunjungi blog q juga ya ,,,salam kurnianza

  6. kurnianza berkata:

    Tak tunggu maz komentmu

  7. laban berkata:

    makasih ya, . ,. . . . . . . .

  8. omjiks berkata:

    tapi aku masih belom paham untuk memakai web hosting ini.

    Selai Kacang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s