Pencarian jurusan di universitas yang akan di ambil waktu kuliah nanti

Gambar: ilustrasi

Masih kelas satu atau sepuluh sudah di suruh memilih jurusan/universitas? YA (saya katakan) karena berdasarkan pengalaman (penulis) persiapan lebih dini lebih baik daripada menunggu waktu kelas 3 atau 12. Fakta menunjukkan hampir semua siswa/siswi tingkat SMA dalam memilih suatu jurusan di universitas mereka lakukan waktu kelas 3 atau 12.

Padahal pada masa ini (kelas 3) waktu kita akan habis di lalap oleh seabrek kegiatan seperti: tambahan pelajaran, les di luar sekolah, ikut PMDK, cari beasiswa, mengikuti Ujian, dll. Pemilihan jurusan sebaiknya dilakukan sedini mungkin dan bukan waktu kelas 3, meski penulis sendiri dulu memilihnya pada waktu kelas akhir, tetapi adik-adik jangan tiru kakak ya? Di samping itu pemilihan jurusan lebih dini bisa memberikan efek “luar biasa” bagi kesuksesan kita di SMA. (Bisakah kita sukses dengan metode ini? Lalu apa contoh efeknya?) YA, dengan metode ini (pemilihan jurusan dini) kita akan lebih terfokus dalam belajar dan matang dalam persiapannya. So..dengan semua kemanfaatan tersebut bukan tidak mungkin jurusan yang kita impikan sejak kecil/ awal SMA akan mudah kita raih.

Berikut cara awal menentukan Jurusan di Universitas impian kamu:

  1. Kita kenal dulu Jurusan/basik keilmuan yang ada di SMA yaitu IPA dan IPS (Bahasa di SMADA sekarang ada ngga’ ya?). Jurusan itu kamu tentukan dulu, karena akan berkaitan dengan pilihan JURUSAN di Universitas. Sebagai contohnya jika kamu mau mengambil KEDOKTERAN sudah semestinya kamu di SMA memilih jurusan IPA, sedangkan kalau ingin mengambil Jurusan HUKUM kamu harusnya mengambil IPS. Jangan sampai keliru mengambil jurusannya.
  2. Cari info sebanyak-banyaknya baik itu di internet atau alumni tentang jurusan yang kamu minati. Info daya saing, daya tampung, sampai prospek jurusan kedepan sebaiknya juga perlu kamu ketahui. Satu yang penting jangan terlalu pikirkan tentang BIAYA, karena asal kamu persiapkan dengan matang, Insya Allah akan banyak jalan untuk kita. Sebagai contoh ITB salah satu PTN terkemuka ini memberikan beasiswa 100% gratis bagi mahasiswanya yang benar-benar memiliki keinginan dan kemampuan yang berguna bagi Bangsa dan Negara ini. Tentu beasiswa ini bisa di lewati bagi orang-orang yang saya sebutkan diatas. Jangan terpedaya soal biaya ya? Karena sebenarnya “Tiada ada cerita orang tua kehabisan dana untuk sekolah anaknya, jika anak tersebut benar-benar mengerti apa hakikat belajar menuntut ilmu itu”. Mengerti maksud sayakan? Coba renungkan sejenak!
  3. Tentang bidang keilmuan di SMA dan Universitas sudah kamu tentukan, sekarang tinggal berusaha semaksimal mungkin tentang cara belajar kamu selama di SMA.Okey!!!

Semoga bermanfaat. (elvigto)

Tentang elvigto

Learner, writer dan technopreneur. Founder SangGuruGaul. Menyelesaikan studi S1 bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pegiat kajian islamic thought and civilizations, curriculum studies, multimedia learning studies dan kepemudaan.
Pos ini dipublikasikan di Management, School, Strategi SMA X dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s