Era baru Mobile-Lifestyle 2.0

Mobile-Lifestyle 2.0

Pembaca yang budiman, pernahkah Anda mencoba sehari saja tanpa alat telekomunikasi yang bernama Ponsel/Handphone ini? Penulis rasa jawabannya tidak. Memang kehadirannya sangat bermanfaat bagi manusia, terutama untuk berkomunikasi.

Di era serba digital 2.0 kebutuhan manusia akan komunikasi tidak sebatas pengiriman pesan singkat atau sms. Lebih dari itu sekarang internet telah menjadi primadona dalam masyarakat kita. Terbukti kasus KPK sampai Luna Maya telah sedemikian cepat saling bertukar informasi (masyarakat) mengenai hal tersebut melalui facebook dan twitter.

Seiring dengan semakin luasnya jaringan dan inovasi layanan yang digelar Telkomsel, kehadiran ponsel telah memunculkan gaya hidup yang penuh mobilitas atau dikenal dengan nama mobile lifestyle (m-lifestyle).

Era baru komunikasi dan informasi telah menjadikan ponsel sebagai simbol konvergensi layanan dan lompatan kemajuan zaman. Hal ini dikarenakan dengan alat yang bernama ponsel mampu menghadirkan berbagai layanan sekaligus, mulai dari game, TV, radio, musik, film, kuis, komik, recorder, kamera, handycam, komputer, layanan perbankan, hingga dompet digital yang siap digunakan untuk bertransaksi bahkan pengambilan tunai.

Bukan hal yang aneh kalau Telkomsel tetap yang terdepan. Berbagai inovasi ter-update untuk memenangkan persaingan pelanggan sudah pasti disiapkan matang-matang oleh operator terbesar ini. Terlebih, dengan jumlah pelanggan terbanyak, sudah pasti Telkomsel berupaya keras mendengarkan dan memenuhi keinginan setiap pelanggannya.

Berikuti ini adalah ragam inovasi Telkomsel hingga sekarang dan mungkin sekali akan hadir inovasi-inovasi terdepan lainnya.

Layanan 3G
Era mobile lifestyle mulai terasa setelah Telkomsel secara resmi untuk pertama kalinya meluncurkan layanan berbasis teknologi 3G di Indonesia, 14 September 2006, yang menandai hadirnya layanan kombinasi suara, teks, gambar, dan video. Saat ini pelanggan 3G Telkomsel telah mencapai 9,2 juta.

Telkomsel Flash
Kehadiran 3G tidak sebatas layanan video call dan dunia konten, Telkomsel melengkapi dengan inovasi layanan mobile broadband atau internet kecepatan tinggi hingga mencapai 7,2 Mbps. Layanan yang diberi nama Telkomsel Flash ini merupakan solusi kebutuhan gaya hidup sebagian masyarakat yang menuntut adanya solusi akses informasi cepat dan nyaman mendukung aktivitas atau pekerjaannya.

Mobile Wallet T-Cash
Telkomsel juga mempelopori kehadiran mobile wallet bernama T-Cash di tahun 2007. Dengan layanan ini, ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi secara mudah, cepat, dan aman. Mereka dapat melakukan pembelian barang, cek saldo, transfer, cek transaksi yang pernah dilakukan, bahkan pengambilan tunai.

Mobile Banking
Sebelumnya, Telkomsel juga menghadirkan layanan Mobile Banking pertama di Indonesia di tahun 2000. Awalnya layanan ini bersifat Single Banking (satu simcard untuk satu account bank), kemudian dikembangkan menjadi Multi Banking (satu simcard bisa untuk menikmati beberapa nomor account dari berbagai bank). Kini Telkomsel telah bekerjasama dengan 38 mitra bank, di mana pelanggan dapat menikmati layanan perbankan, seperti cek saldo, transfer, serta transaksi lainnya.

BlackBerry
Untuk komunikasi online, Telkomsel menghadirkan inovasi layanan BlackBerry dengan memperkenalkan metode aktivasi BlackBerry via SMS pertama di dunia. Sebelumnya, layanan BlackBerry hanya bisa dinikmati melalui proses registrasi dan pendataan yang memakan waktu. Metode ini terbukti sukses, di mana pertumbuhan pelanggan BlackBerry Telkomsel menjadi yang tertinggi di Asia Pasifik dan kini telah mencapai sekitar 120.000 atau meningkat 200% dibanding akhir 2008.

iPhone 3G
Telkomsel juga menjadi operator pertama dan satu-satunya di Indonesia yang meluncurkan iPhone 3G dengan 11 layanan khas Indonesia, seperti: TransJakarta (info busway), Aphrodite (olahraga dunia), Jakarta Globe (berita bahasa Inggris), buUuk (info kuliner), Foyage (peta), SCTV (televisi), Kapanlagi.com (gaya hidup), Angklung (musik), Macetlagi.com (monitoring jalan), serta berita (Detikcom, Liputan6, dan Kompas.com).

NSP dan ribuan konten
Telkomsel juga menghadirkan inovasi NSP (Nada Sambung Pribadi) dan ribuan konten (mulai dari wallpaper, ringtone, games, kuis, m-Komik) yang telah dinikmati oleh sekitar 20 juta pelanggan setiap bulannya.

Welcome to m-lifestyle 2.0 Telkomsel (elvigto)

Tentang elvigto

Learner, writer dan technopreneur. Founder SangGuruGaul. Menyelesaikan studi S1 bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pegiat kajian islamic thought and civilizations, curriculum studies, multimedia learning studies dan kepemudaan.
Pos ini dipublikasikan di Mobile dan tag , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Era baru Mobile-Lifestyle 2.0

  1. 4sudut berkata:

    pertama……
    thank share…nya….

  2. Agus Purwoko berkata:

    Selamat jalan bapak bangsa! Selamat jalan Gus Dur

    Kita doakan. Semoga amalnya diterima dan dosa-dosanya diampuni Allah swt. Amin….

  3. alfarolamablawa berkata:

    wah ga bisa ngikuti…hehehe
    selamat tahun baru 2010 Mas
    willingness to do more!!

  4. Jidat berkata:

    Wah bagus tuh mas.. kapan isa melu duwe?

  5. elvigto berkata:

    @4sudut: Yup sama2
    @Agus Purwoko: ikut berbela sungkawa mz,
    @alfarolamablawa: Insy Allah bisa mz, hpy new year
    @Jidat: Klo sudah punya uang n’ butuh barang itu, ok

  6. Kurnianza berkata:

    Nie Hp produk Telkomsel tow mas…?

  7. Ardhiansyam berkata:

    masih berusaha untuk punya, thanks infonya😀

  8. arifudin berkata:

    wah dunia mobile sekarang perkembangannya sangat luar biasa sekali mas😉

  9. elvigto berkata:

    @Kurnianza : Yup
    @Ardhiansyam : Ya sama
    @arifudin : betul mas semoga bisa memberi manfaat yang besar bagi manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s