Tips Mengurangi Kecanduan Internet

Fenomena kecanduan internet yang saya tulis kemarin, menandakan bahwa internet sudah mulai berhasil “menghipnotis” para penggunanya. Dan semestinya kita membantu para saudara kita untuk segera keluar dari kecanduan tersebut. Berikut beberapa tips untukmengurangi kecanduan internet

  • Cari tahu masalahnyaBagi sebagian orang merasa kegundahan, kegelisahan atau yang sudah parah bisa disebut “sakaw” akan berkurang ketika sudah berinteraksi dengan internet. Masalah yang seperti ini yang harus ditemukan dan menggantinya dengan metode lain yang lebih baik.
  • Kenali PemicunyaKecanduan internet pun tentu ada pemicunya, apakah itu sebagai pengobat stess atau gundah? Coba cari alternatif lain misalkan dengan jalan-jalan ke gunung, rekreasi ke tempat pariwisata, berkunjung ke rumah teman, dll.

  • Kurangi sedikit demi sedikitKebiasaan berlama-lama di internet, seperti menghabiskan waktu seharian untuk bersurfing ria tentu akan berdampak bagi kesehatan, maka kita harus mulai berani untuk mengurangi kebiasaan itu sedikit demi sedikit.
  • Ubah pola kebiasaan onlineJika kebiasaan online kita menghabiskan waktu seharian untuk berinternet yang belum tentu arahnya, maka kita harus mulai merubah kebiasaan itu dengan membuat pola baru, misalkan membaca email sebagai prioritas, di lanjutkan dengan membaca informasi berita setelah itu kita harus mulai berani untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak menjadi prioritas, namun aturan yang dibuat tersebut berhasil jika Anda konsisten pada diri sendiri.
  • Atur ulang jadwal rutinitasBiasanya orang yang kecanduan internet tidak mempunyai jadwal yang teratur dalam keseharian aktifitasnya, oleh karena itu kita harus mulai mengatur ulang jadwal rutinitas kita dengan proporsional.

Semoga bermanfaat. (elvigto)

Tentang elvigto

Learner, writer dan technopreneur. Founder SangGuruGaul. Menyelesaikan studi S1 bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pegiat kajian islamic thought and civilizations, curriculum studies, multimedia learning studies dan kepemudaan.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Tips Mengurangi Kecanduan Internet

  1. askarullah berkata:

    aslm. akhi, kunjungi webblog karya nak smada:
    arumcahponorogo.blogspot.com
    ni karya Rohiser lho..
    moga lancar ja n lulus n ketrima di SNMPTN
    wslm.

  2. wisnuwhw berkata:

    Ass.
    Teima kasih buat maz Elvigto cz dah mengunjungi website kami. Btw pripun kabare?

  3. risse berkata:

    wah,saya termasuk pecandu ngenet berat nih mas…..

    ruz sulit bgt tuk berhentinya..

    sampek2 mta puanas. . . .

    thx solusinya………….

  4. Hanster berkata:

    Saya pcandu berat nh mas..
    Susah bgt untuk brenti…

    Thx untuk infonya

  5. Dedi berkata:

    mmmmmmmmmmm masuk akal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s