CARA BUAT MAJALAH ATAU BULETIN SEKOLAH (part-4)

Bikin Proposal

Setelah kru terbentuk, susunlah proposal penerbitan majalah sekolah. Proposal ini penting buat bukti kalo kamu mau serius ngurusinnya. Terus juga buat semacam panduan kerja kamu untuk sementara.

Apa saja isi proposal penerbitan majalah sekolah ini? Yang penting, proposal itu harus mengandung unsur-unsur berikut ini:

  • Latar Belakang
    Bagian ini merupakan pengantar proposal. Jelaskanlah di sini mengapa sekolah kamu sudah memerlukan adanya majalah sekolah. Misalnya, karena siswa-siswa sudah membutuhkan media untuk menyalurkan aspirasinya, atau karena media majalah dinding sudah dianggap tidak mencukupi lagi untuk menampung aspirasi dan kreativitas siswa. Sebutkan juga alasan kamu memilih bentuk majalah untuk mewujudkan media penerbitan berkala di sekolah ini. Kamu bisa mengutip tulisan di rubrik ini sebelumnya tentang plus minusnya bentuk majalah sekolah.
  • Tujuan Pembuatan Majalah Sekolah
    Sebutkanlah tujuan dan manfaat adanya majalah sekolah, misal: mewujudkan media sebagai tempat mengasah ketrampilan berbahasa yang baik dan benar, menjembatani jurang komunikasi antarsiswa, antara siswa dan guru, antara siswa dan alumni, dan antara itu semua, dan sebagainya.

  • Nama dan Slogan
    Ketika proposal penerbitan dibikin, majalah sekolah kamu (se)harus(nya) sudah punya nama. Masak di proposal belum ada namanya? Masalah nama bisa kamu rapatin sesama timmu dan juga jangan lupa diusulkan dulu ke Pembina lho. Soalnya, nama ini juga masalah sensitive. Nggak boleh berkonotasi negative, bermuatan merendahkan kehormatan orang/kelompok lain. Terus, sebutkan juga mengapa kamu memilih nama tersebut. Tentu dong nama majalah sekolahmu harus punya arti dan filosofi. Masak pilih nama begitu saja! Slogan seharusnya juga punya. Slogan adalah kata-kata atau seruan yang mengekspresikan ide, motivasi, semangat, dan tujuan suatu organisasi dalam konteks ini adalah majalah sekolahmu itu. Terangkan pula makna sloganmu itu apa. Oh, ya, masalah slogan ini juga kamu rembug bersama dan dikomunikasikan dengan bapak ibu Pembina.
  • Karakteristik Majalah
    Sebutkan karakteristik fisik majalah sekolah yang ingin kamu buat itu. Sebutkan ukurannya (berapa mm kali berapa mm), posisinya tegak atau landscape, tebalnya, jenis kertas kovernya, jenis kertas isinya, halaman, warna berapa persen, jilid pake lem atau benang atau stapler. Terangkan pula periode penerbitannya (berapa bulan sekali), waktu penerbitannya kapan, juga sekali terbit berapa eksemplar.
  • Rubrikasi
    Datalah rubrik apa saja yang kamu rencanakan untuk tampil di majalah sekolahmu. Tidak hanya namanya saja, tapi juga deskripsi rubrik tersebut. Misal rubrik Iptek, membahas tentang informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Nama rubrik tidak harus lugas. Misal saja, rubrik Iptek tidak harus bernama iptek, bisa saja saintika,dll.
  • Struktur Organisasi
    Tulislah kepengurusan majalah sekolah ini, jabatan apa dipegang oleh siapa. Tulis juga masa jabatannya, biasanya setahun. Yang ini bisa juga diletakkan di lampiran
  • Anggaran
    Ini penting. Jangan lupa. Tuliskan pemasukan danamu berasal dari mana saja. Tulis juga pengeluaran danamu untuk biaya apa saja. Pihak sekolah tentu akan perhatian banget dengan yang ini. (elvigto)

Sumber: (pengalaman penulis, www.huzaifah.org,
        www.irvansyaiban.wordpress.com)




Tentang elvigto

Learner, writer dan technopreneur. Founder SangGuruGaul. Menyelesaikan studi S1 bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pegiat kajian islamic thought and civilizations, curriculum studies, multimedia learning studies dan kepemudaan.
Tulisan ini dipublikasikan di Jurnalistic dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke CARA BUAT MAJALAH ATAU BULETIN SEKOLAH (part-4)

  1. masfaruk berkata:

    makasiih atas info proposalnya, semoga manfaat dan menambah ilmu saya :)

  2. Lidya berkata:

    gambarnya mana?????????

  3. Iklila firyal farizah berkata:

    Alhmdllh kmi mg lg btuh infrmasi in cz kmi mg rencnakn i2, mksh ilmux mga bnr2 brmanft amin…

  4. Arlen berkata:

    ych
    pachołków, zdających sobie świetnie kwestię, iż w Arlen trafie
    wykrycia wsio opadnie na nich. Toż von Egger nie
    sprostał zajechać wozem pod samą smoczą pieczarę. Resztę musiał zrobi�.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s